pinterdionline.com – Bagi seorang yang sudah mulai bekerja, tugas mengatur keuangan adalah kewajiban. kamu perlu mengelola gaji kamu untuk kebutuhan pribadi, rumah dan kebutuhan lainnya selama satu bulan penuh. Tidak perduli bagi kamu dengan penghasilan yang tinggi, jika kamu tidak bisa mengelola dengan baik dan benar, penghasilan yang kamu dapatkan akan tetap kurang. Maka dari itu, kamu perlu terapkan hidup yang sehat dan disiplin pada keuangan kamu.

Tidak ada kata terlambat bahkan untuk mengatur keuangan kamu menjadi lebih baik. Terapkan tips berikut untuk mengatur keuangan kamu yang lebih baik :

Pahami Kondisi Keuangan kamu

Periksa kembali penghasilan dan pengeluaran bulanan kamu. Hal ini bertujuan untuk menentukan rencana anggaran keuangan. Jika kamu rasa pengeluaran lebih besar maka kamu harus membuat rencana anggaran keuangan baru dengan menyesuaikan daftar pengeluaran yang bersifat tidak tentu, yang kadang mengambil porsi cukup besar dari total pengeluaran.

Membuat Anggaran Bulanan

Mulai pasang target yang jelas dalam mebuat anggaran. Pastikan untuk berpegang teguh pada target tersebut dan berusaha mencapainya. Catat semua rencana anggaran, buat menjadi dua bagian, pertama kebutuhan primer, yaitu kebutuhan yang penting, seperti anggaran rumah tangga, seperti makan, listrik, air, cicilan rumah dan motor, transportasi, dan kebutuhan penting lainnya. Kedua kebutuhan tersier yang sifatnya lebih pada ‘keinginan’ dibandingkan ‘kebutuhan’, seperti belanja, hiburan, makan di restoran mahal, karaoke dan lainnya.

Membuat Laporan Keuangan Harian

Mulai membuat laporan keuangan harian, seperti simpan struk/nota belanja yang kamu dapatkan ketika berbelanja atau catat apa saja yang telah kamu beli. Namun setiap pengeluaran harus tetap mengikuti yang telah kamu buat, karena seluruh penghasilan kamu telah anggarkan secara jelas. Jangan lupa kontrol rutin pengeluaran kamu. Sehingga bisa dijadikan pembelajaran dalam membuat anggaran dibulan depan.

Sisihkan Dana Darurat

Dana darurat juga menjadi penting dalam rencana anggaran keuangan pribadi kamu. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pengeluaran tak terduga. Misal ulang tahun orang tua, pernikahan teman dan tetangga, biaya beli obat, dan kebutuhan tak terduga lainnya. Karena sifatnya tidak terduga, kamu perlu memisahkan dana darurat dari rekening/ATM kamu yang biasa kamu digunakan.

Sisihkan Untuk Tabungan

Menanamkan budaya menabung sejak dini adalah keharusan. Coba mulai menanamkan budaya baik ini pada diri kamu, dimulai saat ini dengan menyisihkan sebagian kecil dari penghasilan kamu, seperti 10% dari total keseluruhan penghasilan kamu. kamu juga dapat membuat rekening khusus tabungan kamu. Pastikan kamu membuat tabungan dengan biaya administrasi yang kecil atau tanpa biaya administrasi dan jaringan mesin ATM yang tebatas.

Write A Comment