pinterdionline.com – Belanja produk fashion memang menjadi kebutuhan setiap orang. Pakaian menjadi salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi untuk keberlangsungan hidup. Jadi memang nggak salah jika seseorang mengalokasikan dananya untuk berbelanja produk fashion. Tapi tentu saja nggak serta merta langsung berbelanja tanpa ada aturannya. Agar bisa berbelanja dengan nyaman, perhatikan 5 tips sederhana ini biar kegiatan berbelanja kamu jadi lebih terorganisir.

Batasi anggaran

Kegiatan berbelanja memang menjadi salah satu penguras saldo paling efektif bagi siapa pun. Sebaiknya kamu membatasi anggaran untuk belanja fashion setiap bulannya. Buat anggaran khusus untuk belanja fashion agar kamu nggak kebablasan memakai uang tabungan atau uang belanja. Membatasi anggaran berarti kamu juga mengerem keinginan dibandingkan dengan kebutuhan dan menyandingkannya dengan kemampuan.

One in one out

Kamu tentu nggak mau jika lemari kamu sudah nggak mampu lagi menampung baju-baju yang kamu beli setiap bulannya. Ada baiknya kamu menerapkan prinsip “one in one out” yang membuat isi lemari tetap fit. Setiap kali kamu membeli produk fashion baru, pastikan ada baju lama yang dibuang atau disumbangkan. Selain bikin isi lemari tetap bisa bernafas, kamu bisa menghindari menyimpan baju tanpa pernah dipakai.

Hati-hati dengan diskon

Salah satu hal yang menggiurkan saat belanja fashion adalah diskon yang bertebaran dan mengecoh pemikiran rasional. Bisa jadi produk yang berlabel diskon adalah produk yang kurang laku atau memiliki penurunan kualitas. Atau memang harganya sudah di mark up dulu lalu didiskon. Jadi hati-hati dengan produk diskon, jangan karena harga miring maka kamu membeli produk yang nggak terlalu kamu butuhkan atau nggak standar kualitasnya.

Perhatikan ukuran

Jangan memaksa ukuran yang nggak sesuai sama postur tubuhmu meskipun produk itu benar-benar cocok dan kamu inginkan. Tentu menjadi nggak berguna ketika kamu membeli baju yang nggak akan pernah kamu pakai karena kesempitan. Atau kamu harus datang ke tukang vermak untuk membenahi ukuran di bagian tertentu. Cari produk yang fit dengan postur tubuh dan tentu saja yang cocok dengan bentuk tubuhmu.

Sesuaikan dengan kebutuhan

Kamu tertarik dengan jaket musim dingin dari merek terkenal yang lagi hits, tapi ternyata di Indonesia kamu nggak butuh jaket musim dingin karena memang nggak pernah ada musim dingin. Meski ada produk fashion yang menarik perhatianmu dan kamu mampu membelinya, tanya lagi apakah kamu butuh produk itu dan akan memakainya hingga beberapa tahun ke depan? Jika jawabannya tidak, maka nggak ada alasan untuk tetap membelinya.

 

5 tips sederhana di atas sangat mudah untuk dilakukan dan selain tips di atas ada baiknya kamu juga berhati-hati dalam proses pembayaran agar tidak tertipu seperti yang sedang ramainya tentang penipuan mandiri e-cash. Padahal yang membuat kamu merugi adalah diri sendiri, karena kamu berhasil ditipu oleh oknum penjual ketika kamu mengirimkan nomor OTP yang seharusnya tidak boleh diberitahu kepada siapapun. Yang terpenting kamu tetap konsisten melakukannya demi kebaikan keuangan dan juga personality yang lebih baik. Kamu tetap punya kontrol keuangan dan nggak jadi orang yang konsumtif dalam berbelanja produk fashion.

Write A Comment