pinterdionlien.com – Banyaknya situs saat ini membuat orang yang merasa tertipu karena situs tersebut ternyata palsu ataupun menyebarkan berita yang nggak benar. Salah satu kejahatan yang dilakukan situs berbahaya adalah scam dan phishing. Keduanya sama-sama merupakan bentuk penipuan; metode scam menipu untuk mengelabui pengunjung situs agar bisa mendapatkan uang secara illegal sementara phishing merupakan situs yang mengelabui pengunjungnya untuk tujuan mendapatkan data diri misalnya kartu kredit.

Situs tersebut umumnya menyamar sebagai situs internet banking, online shop serta email sehingga mudah mendapatkan username dan password. Kemudian data yang diambil tersebut dipergunakan untuk hal yang tidak bertanggung jawab misalnya untuk mendapatkan uang.

Terdapat ciri situs berbahaya yang berkedok melakukan penipuan scam dan phishing. Ciri-cirinya adalah:

Menawarkan Gratisan dengan Jumlah yang Menggiurkan

Nggak sedikit situs yang menawarkan produk-produk gratisan seperti pulsa, tiket liburan dan lain sebagainya. Misalnya ketiba dibuka, situs tersebut menawarkan pulsa dengan jumlah Rp 100.000 namun kamu nggak perlu membayarnya hanya perlu untuk memasukkan identitas di situs tersebut sebagai permulaannya. Atau meminta kamu untuk menyebarkan voucher setelah memasukkan identitas diri agar kamu mendapatkan voucher makan atau belanja tersebut. Umumnya situs tersebut memiliki nama yang sulit dan panjang, misalnya www.XXX12365423.es.

Menggunakan Akhiran Domain yang Berbeda

Umumnya, alamat domain menggunakan .com, .org, .us, .id dan sebagainya. Namun, kalau kamu mendapatkan nama domain dengan akhiran yang berbeda seperti .es atau jenis akhiran nama domain yang aneh dan nggak pernah kamu lihat sebelumnya, maka kamu sebaiknya berhati-hati karena kemungkinan situs tersebut adalah palsu dan berpotensi untuk melakukan penipuan yang bisa merugikanmu.

Meminta Kamu Mengganti Password Lama

Cara ini biasanya dibarengi dengan ancaman kalau kamu nggak mengganti kata sandi milik kamu, maka keamanan data di dalam email kamu bisa terancam sehingga mau nggak mau kamu harus mengganti kata sandi kamu.

Ada Peringatan dari Antivirus yang Ada di Komputer Kamu

Umumnya antivirus akan memberi peringatan berupa pesan pop up jika kamu mengunjungi situs yang berbahaya dan menyarankan untuk nggak meneruskan ke situs tersebut karena situs tersebut berpotensi mengandung virus. Kalau udah gini kamu perlu mempertimbangkan peringatan tersebut karena bisa jadi situs yang ingin kamu kunjungi benar-benar berbahaya.

Nah itulah 4 cara mudah untuk mengenali situs yang berpotensi melakukan penipuan online seperti scam atau phishing.  Pada intinya hindarilah website-website yang bukan merupakan website resmi, bila kamu tidak mengetahui mana website yang benar, ada baiknya langsung menanyakan pada costumer service agar tidak menjadi korban phising  yang bisa berakibat fatal karena data pribadi, nomor rekening hingga nomor OTP dari rekening e-money bisa diambil oknum tersebut, seperti yang terjadi pada korban penipuan mandiri e-cash di mana rekening e-cash mereka ludes dicuri. Jadi kalau kamu sedang membuka sebuah situs dan menemukan ciri-ciri tersebut sebaiknya berhati-hati ya!

Write A Comment