pinterdionline.com – Peminat kartu uang elektronik sebagai alat pembayaran non tunai semakin meningkat. Sejak 2009 hingga sekarang peredaran uang elektronik di tengah masyarakat sudah mencapai 70 triliun.

Banyaknya pemakai kartu elektronik atau pemula ikut digalakkan oleh pemerintah dengan gerakan Non Tunai yang diberlakukan di sejumlah ruas jalan tol di Jabodetabek.

Selain itu, naik moda transportasi umum seperti Bus TransJakarta dan kereta komuter line juga wajib memakai uang elektronik.

Nah, bagi yang pertama kali memiliki uang elektronik, ada baiknya menyimak tips berikut sebelum membeli kartu uang elektronik perdana untuk kebutuhanmu:

Pilih kartu e-money sesuai prioritas fungsinya

Kartu e-money sengaja diterbitkan dengan beberapa jenis sesuai fitur prioritasnya masing – masing. Ada kartu e-money khusus untuk membayar moda transportasi umum, membayar belanjaan di toko gerai ritel atau membayar pintu tol.

Kalau memang kamu ingin berbelanja lebih cepat tanpa harus mengantri lama di merchant atau toko ritel, sebaiknya manfaatkan saja kartu e-money yang sesuai fitur ini. Atau jika kamu sering berkendara melewati jalur tol, manfaatkan kartu e-money yang khusus diperuntukkan untuk e-toll.  Karena, dengan kartu e-toll kamu bisa melewati pintu gerbang tol otomatis khusus sehingga bisa mempercepat laju perjalanan.

Ketahui apa saja fitur – fiturnya

Ternyata Begini Cara Isi Ulang Kartu E-Money

Sebelum membeli sebaiknya pastikan terlebih dahulu apa saja plus dan minus kartu e-money kamu. Ada e-money khusus untuk berbelanja di merchant atau toko ritel tertentu yang sudah bekerja sama sehingga ada penawaran dan promo harga yang menarik.

Pada kartu e-money yang dirilis oleh sejumlah perbankan, fungsinya akan lebih banyak dan bisa dipakai di merchant – merchant yang lebih bervariasi. Misalnya, SPBU, restoran dan kafe, bayar parkir, bayar jalur tol, dan sebagainya.

Sementara, jika kamu memilih e-money dari gerai ritel tertentu sebut saja Indomaret atau Alfamart,

Kartu e-money tak boleh rusak

Perlu diingat untuk pengguna e-money yang baru pertama kali mencoba membeli atau memiliki kartu perdana e-money. Usahakan untuk selalu menyimpan kartu e-money dalam ID card holder dengan rapi dan terorganisir. Pasalnya, jika kartu e-money rusak, kemungkinan besar chip di dalamnya tidak bisa dibaca sehingga kamu kesulitan untuk memakai e-money.

***

Yang terakhir, jangan lupa ketika saldo kartu e-money sudah habis, segera isi ulang agar kamu bisa menikmati kembali fasilitas dan keuntungan dari uang elektronik. Selamat berbelanja dengan kartu e-money.

Write A Comment