Di zaman yang serba digital ini, belanja online sudah jadi kebutuhan sehari-hari. Banyak orang yang diuntungkan dari bisnis online shop baik itu dari pihak penjual maupun pembeli. Mereka gak perlu ribet datang ke toko langsung. Belanja online saat ini pun bisa dilakukan di mana saja dan aksesnya pun semakin mudah. Namun, hati-hati ya jangan sampai keranjinganmu berburu barang-barang secara online malah bikin kantong jebol. Simak 5 cara bijak saat belanja online di bawah ini!

 

Perhatikan Lokasi Penjual

 

Kamu boleh aja belanja sebanyak yang kamu mampu tapi tunggu dulu, perhatikanlah lokasi si penjual sebelum kamu melakukan transaksi. Jangan kamu asal beli, lalu pas belajaannmu di total kamu kaget karena ternyata lokasi si penjual berada di planet lain! Terus harga ongkos kirimnya jadi lebih mahal dibanding harga barang yang kamu beli.

 

Belanja di Hari Tertentu

 

Biasakan jangan terburu-buru membeli barang yang kamu inginkan karena bisa jadi barang tersebut akan dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah pada hari-hari tertentu misalnya menjelang libur lebaran, natal atau hari perayaan lainnya.

 

Cari Perbandingan di Online Shop Lain

 

Sebelum memutuskan untuk belanja di sebuah online shop, kamu juga terlebih dahulu harus memerhatikan perbandingan harga barang pada toko lainnya. Siapa tau di toko lain harga barang yang kamu mau lebih rasional dan bisa jadi ada varian warna lain misalnya. Tapi ingat ya, harga yang kelewat murah terkadang tidak menjamin kualitas barang yang bagus.

 

Gunakan Voucher

 

Pada toko online tertentu biasanya akan disediakan voucher kalo kamu melakukan transaksi untuk pertama kali atau berlaku jika pembelian kamu mencapai jumlah yang ditentukan. Nah voucher tersebut biasanya bisa digunakan untuk mendapatkan potongan harga, lumayan kan untuk menghemat sedikit pengeluaranmu.

 

Daftar Sebagai Member

 

Ketika melakukan transaksi pada toko online jangan lupa ya daftarkan pula dirimu menjadi member. Karena umumnya saat kamu mendaftar menjadi member, akan ada keuntungan tertentu berupa informasi mengenai promo, diskon, dan bonus menarik lainnya. Dengan menjadi member, kamu biasanya akan mendapatkan informasi-informasi tadi lebih dulu daripada non member.  Selain kelima hal di atas, mencari tahu kreditasi penjual hingga tidak mudah dibujuk untuk mengirimkan nomor rekening atau data pribadi lainnya untuk mengkonfirmasi transaksi. Karena celah tersebut sering digunakan oleh para oknum penipu untuk meraup keuntungan besar seperti yang terjadi pada kasus penipuan mandiri e-cash.

Nah itulah 5 cara bijak belanja online buat kamu yang lebih memilih untuk duduk diam sambal ngescroll handphone lalu tinggal nunggu barang belanjaannmu sampai ke rumah di bandingkan harus mengelilingi pusat perbelanjaan sampai kaki pegal hihi!

Write A Comment