pinterdionline.com – Semua orang tentu tahu betapa hebatnya peran seorang ibu. Dari mulai merawat keluarga, memasak, bersih-bersih, segalanya bisa ibu lakukan. Ada satu hal keahlian penting yang tidak boleh terlewatkan bagi seorang ibu. Ya, apalagi kalau bukan dalam mengatur keuangan keluarga. Mengontrol keinginan belanja apalagi bagi para ibu muda mungkin menjadi sesuatu yang sangat menantang. Bagaimana agar dapat menjadi ibu cerdas dalam hal belanja? Berikut ini 5 rahasia keuangan ibu cerdas yang kami rangkum buat kamu.

Selalu menyiapkan daftar belanja

Jurus jitu pertama untuk menghindari pembengkakan pengeluaran adalah menyiapkan daftar belanja kapanpun kamu pergi berbelanja. Kamu bisa membuat daftar kebutuhan yang perlu dibeli menggunakan skala prioritas, mulai dari yang primer hingga kebutuhan sekunder. Meski terdengar konvensional, cara ini terbukti membuat belanja lebih hemat, lho. Satu syaratnya, disiplin dan taati aturan prioritas yang sudah kamu buat sendiri.

Budgeting

Jika kamu membeli barang yang memang selalu kamu beli, misal sabun dengan merek dan jenis yang selalu sama, tidak ada salahnya melengkapi daftar belanjamu dengan harga tiap barang. Selain membantu memperkiran budget, kamu juga dapat membuat rata-rata pengeluaran per bulan. Jika ada barang yang mengalami kenaikan harga signifikan, tidak ada salahnya melihat-lihat kembali jenis barang yang sama kualitasnya dengan merek yang berbeda.

Utamakan kebutuhan si kecil

Jika kamu memiliki bayi/batita, selalu utamakan kebutuhan si kecil—seperti susu dan popok—dalam daftar belanjaan. Saat berbelanja kebutuhan si kecil ini mungkin kamu akan tergiur barang-barang lucu, padahal sebenarnya tidak dibutuhkan. Hindari pikiran-pikiran seperti, “mungkin suatu saat diperlukan”, “dapat digunakan jika anak sudah lebih besar”, dan sebagainya.

Jangan terburu-buru memilih barang belanjaan

Pastikan kamu meluangkan cukup waktu untuk berbelanja agar dapat membandingkan komposisi, kualitas, dan kuantitas barang yang akan kamu beli. Jangan pernah berbelanja saat lapar, karena saat lapar kamu akan cenderung berpikir konsumtif, terburu-buru, dan mudah terpengaruh untuk membeli hal-hal yang tidak seharusnya kamu beli.

Kesampingkan promo dan diskon

Statement yang agak mengejutkan, ya. Tetapi jika memang kamu sudah punya daftar belanja menurut skala prioritas ada baiknya mengesampingkan diskon dan promo di tempat belanja. Diskon dan promo memang selalu menjadi godaan berat saat berbelanja, karena seolah-olah diskon dapat menghemat pengeluaran Anda. Saat kamu menemukan barang-barang dengan harga murah, cek dahulu apakah kamu telah mendapatkan semua barang yang ada di daftar prioritas?

Selain rencana belanja, seorang ibu cerdas juga akan memperhitungkan simpanan untuk belanja darurat. Sisihkan sejumlah uang dan simpan dalam tempat terpisah untuk keperluan tersebut, jangan menyimpan semua uang di bank karena beberapa kebutuhan masih harus dibayar dengan uang uang tunai. Persiapan yang matang adalah senjata terbaik bagi para ibu, kan? Jadi untuk para ibu, jangan pernah lupa bahwa kamu memainkan peran penting di dalam keluarga, pilihan keuanganmu akan memengaruhi keuangan keluarga.

Write A Comment