pinterdionline.com – Berkembangnya teknologi tidak serta-merta membuat para penggunanya bersikap bijaksana. Tidak sedikit modus penipuan online seperti phishing dan scam, nyatanya menjadi ancaman bagi pengguna aplikasi pesan instan. Biasanya kasus tersebut terjadi di beberapa aplikasi pesan instan, dan kebanyakan penipuan yang terjadi adalah dengan modus menawarkan kuota. Tapi kamu nggak perlu khawatir, cegah aksi penipuan online dengan beberapa cara ini.

Hapus Informasi Pribadi

Kalau kamu tipe orang yang suka menaruh Informasi pribadi seperti alamat rumah, nomor telepon, pekerjaan di kolom profil media sosialkamu lebih baik cepat-cepat kamu hapus karena informasi tersebut memudahkan si penipu untuk menyerang kamu.

Selain itu, jika diperlukan, hapus daftar teman-teman yang tidak benar-benar dikenal dari daftar pertemanan. Lalu, perbarui informasi di bagian profil dan jangan lagi memasang informasi yang terlalu pribadi.

Curigai Email dan Pesan Tak Dikenal

Teknologi yang digunakan oleh email spam saat ini sudah semakin canggih. Karena itu, berhati-hatilah ketika menerima email atau pesan dari pengirim yang nggak kamu kenal. Apalagi kalau isi pesan menawarkan iming-iming yang nggak masuk akal, sebaiknya abaikan dan hapus kontak tersebut. Pastikan selalu mengecek pengirim email atau pesan yang masuk sebelum dibuka.

Perhatikan Situs dengan Alamat https://

Ketika kamu menerima pesan dari seseorang dan menawarkan hadiah sebaiknya jangan langsung tergiur. Biasanya, di dalam pesan tersebut sudah diberikan tautan situs untuk mengajak pengguna beranjak ke perangkap yang sudah dibuat. Pastikan kembali situs tersebut benar-benar bukan tipuan. Caranya, adalah dengan mengecek https://.

Perlu kamu ketahui huruf ‘s’ setelah tautan http merupakan singkatan dari kata secure yang berarti aman. Untuk itu, sebelum memasukkan informasi pribadi pastikan situs yang dikunjungi menggunakan awalan https://. Dengan demikian, dapat dipastikan situs tersebut telah memiliki fitur keamanan untuk menjamin informasi yang dimasukkan di dalamnya.

Gunakan Beberapa Alamat Email

Salah satu cara pencegahan aksi penipuan online adalah memiliki beberapa alamat email untuk berbagai kebutuhan. Misalnya satu alamat email dapat digunakan untuk berkirim pesan, sementara alamat lain untuk didaftarkan pada situs lain seperti media sosial. Nah cara tersebut dapat mencegah si penipu untuk mendapatkan informasi pribadi ketika sudah berhasil membongkar alamat email yang digunakan. Nggak cuma itu, kamu juga dapat memiliki email cadangan ketika ada keperluan mendadak.

Nah itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah aksi penipuan online dengan iming-iming hadiah tertentu dalam jumlah besar. Canggihnya teknologi juga seharusnya berjalan seimbang dengan kecerdasan para penggunanya, dalam hal yang benar tentunya.

Write A Comment