pinterdionline.com – Tak bisa dipungkiri, cara belanja di situs online atau marketplace sangat menggoda. Tidak hanya lebih praktis, cepat dan mudah, kamu tak perlu repot keluar rumah hanya untuk membeli barang incaran.

Jika transaksi konvensional mengharuskan antara penjual dan pembeli bertemu dalam satu tempat, maka dengan marketplace, kamu bisa membeli sejumlah barang dari toko – toko yang berbeda jenis bahkan berbeda lokasi.

Yang lebih hebat, kamu bisa membandingkan harga hanya dengan satu tombol fitur. Kemudahan inilah yang menjadi nilai lebih marketplace ketimbang cara belanja konvensional. Bukan hany amenghemat uang belanja, tetapi membuat pengguna situs belanja merasa lebih menghemat waktu daripada harus pergi ke toko satu per satu hanya untuk membandingkan harga.

Kemudahan dan kenyamanan belanja di situs marketplace atau situs belanja online bukan tanpa risiko. Oknum penjahat cyber mengincar para pengguna atau shoppaholic yang lengah dan menjadi korban empuk.

Hindari pencurian data saat berbelanja online di situs marketplace, dengan mengikuti beberapa tips – tips berikut yuk…

Memanfaatkan jasa belanja di situs yang ternama dan kredibel

Disarankan penghobi belanja alias shoppaholic selalu mengutamakan nama – nama situs ternama dan kredibel untuk berbelanja. Di Indonesia sendiri, sudah banyak nama – nama situs marketplace yang memiliki reputasi bagus. Risiko pencurian data bisa diminimalisir dengan adanya sistem keamanan berlapis untuk melindungi kenyamanan pengguna situs saat berbelanja online.

Hati – hati saat membayar uang

Tidak hanya sistem pembayaran transfer yang kerap menimbulkan kasus penipuan seperti kasus penipuan mandiri e-cash. Uang sudah ditransfer, tetapi barang tidak pernah sampai ke tangan konsumen. Sekarang, ada metode Cash On Delivery atau COD yang sering dipilih sebagai solusi efektif bagi pembeli dan penjual yang berada dalam satu kota. Pembeli dan penjual akan bertemu di satu lokasi yang sudah disepakati untuk bertransaksi. Hanya saja, perlu diwaspadai jika penjual meminta pembeli untuk menggesek kartu pada mesin EDC yang dibawanya, karena bisa saja ada kemungkinan kartu e-Money akan diskimming atau dicuri data.

Jangan mudah memberikan data pribadi

Biasanya di berbagai tempat umum seperti taman terbuka atau mall, disediakan wifi gratis bagi pengunjung. Area publik kerap menjadi sasaran hacker untuk mencuri data pribadi pengguna termasuk PIN atau password kartu kredit. Sebaiknya berhati – hati dalam menggunakan jaringan internet di area umum. Jangan mudah memberikan data pribadi dengan dalih survey atau atas nama pihak bank.

Write A Comment