pinterdionline.com – Hampir semua aspek kehidupan manusia terpengaruh oleh perkembangan teknologi yang semakin cepat. Tak terkecuali produk bank seperti uang tunai yang kini mulai bertransformasi menjadi electronic money (e-money) alias uang elektronik. Penerbitan e-money ini merupakan hasil dari keputusan Bank Indonesia untuk mengurangi peredaran uang tunai di masyarakat sekaligus menekan biaya cetak uang yang relatif mahal.

Meski begitu, kamu tetap harus cerdas dalam menggunakan e-money. Jika belum pernah menggunakannya yuk simak siasat cerdas menggunakan uang elektronik!

 

Perlakukan E-Money Seperti Uang Tunai

 

Bentuk e-money tentu lebih praktis dibandingkan dengan uang tunai sehingga kamu nggak membutuhkan terlalu banyak ruang untuk membawa uang dalam jumlah yang banyak. Perlakukan uang yang ada di dalam e-money tersebut seperti kamu memperlakukan uang tunai biasanya. Misalkan kamu baru saja menerima gaji, maka segeralah bagi gaji tersebut dalam beberapa pos pengeluaran dan tabungan.

 

Isi Ulang  E-Money Sesuai Kebutuhanmu

 

Kepraktisan e-money memang menjadi hal yang memudahkan penggunanya dalam membawa dan menggunakan, karena kamu tidak harus membawa uang tunai yang banyak di dalam dompet. Tapi ada baiknya mengisi e-cash atau e-money sesuai kebutuhan dan tidak meletakkan semua uang mu di sana sebagai pencegahan hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan kartu.

 

Sesuaikan Jenis E-Money dengan Kebutuhan Kamu

 

Supaya nggak terlena dan justru menjadikan pengeluaran kamu lebih besar dibanding pendapatan kamu, pilihlah e-money yang memiliki fitur paling penting untuk kamu. Beberapa macam e-money tersebut adalah e-money untuk pembayaran tiket transportasi umum, pembayaran tagihan, pembayaran tiket masuk tol dan parkir, hingga melakukan transaksi untuk beberapa merchant serta tempat hiburan.

 

Disiplin dalam Menggunakan E-Money

 

Biasakan disiplin dalam menggunakan e-money agar kamu juga nggak boros. Gunakan fasilitas e-money untuk transaksi yang sudah direncanakan. Cara membatasi lainnya adalah dengan menetapkan nominal maksimal yang boleh ada dalam e-money tersebut supaya kamu nggak terlampau boros karena merasa memiliki cukup banyak uang dalam e-money.

 

Gunakan E-Money-mu Untuk Membayar Tagihan

 

Ada angin segar bagi para pemilik e-money atau e-cash, karena kamu bisa membayarkan tagihan tv berbayar, listrik, air, telepon dengan praktis dan cepat. Dan, biasanya dari para penyedia e-money atau e-cash tersebut menawarkan beragam promo hingga potongan harga jika menggunakan uang digital tersebut sebagai sarana pembayaran. Mudah dan menyenangkan, bukan? Tapi kamu juga harus berhati-hati kepada tindak penipuan khususnya penipuan mandiri e-cash di mana kamu akan dipaksa untuk mengirimkan nomor OTP yang pada akhirnya akan merugikan diri sendiri.  

Selalu berhati-hati, bijak dan cermat dalam menggunakan e-money agar kamu tidak dirugikan pada akhirnya. Itulah cara-cara bagaimana kamu seharusnya menggunakan uang elektronik dengan baik dan bijak. Kalau kamu sudah mengerti, kepraktisan uang elektronik nggak akan merugikan kamu nantinya.

 

Write A Comment