pinterdionline.com – Perkembangan teknologi yang semakin pesat berpengaruh pula terhadap industri bisnis online. Ternyata bisnis online nggak melulu soal portal berita dan ecommerce atau yang biasa kamu kenal dengan toko online. Terdapat sebuah industri baru yang bernama Financial Technology yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat mengakses produk-produk keuangan, mempermudah layanan transaksi, serta pengetahuan mengenai dunia keuangan.

Cakupan bisnis FinTech juga terbilang banyak, didominasi oleh perusahaan startup. Jadi kalau kamu mau memulai bisnis dalam bidang ini, besar kemungkinan bisnismu akan berkembang. Berikut beberapa perusahaan startup yang berbasis teknologi jasa finansial di Indonesia.

Jojonomic

Berawal dari layanan pencatatan keuangan pribadi, kini Jojonomic justru fokus menjadi platform Software as a Service (SaaS) untuk mempermudah proses reimbursement. Saat ini mereka pun telah menghadirkan fitur absensi dengan teknologi pengenalan wajah. Pada bulan September 2016 yang lalu, startup yang didirikan oleh Indrasto Budisantoso ini telah mendapat pendanaan Seri A senilai US$1,5 juta (sekitar Rp19,7 miliar) yang dipimpin oleh Maloekoe Ventures.

Sleekr Accounting

Pada awalnya, Sleekr merupakan layanan sumber daya manusia (HR) berbasis cloud. Namun setelah mengakuisisi startup bernama Kiper pada tahun 2016 yang lalu, kini mereka pun mempunyai layanan kedua yang berusaha mengatasi masalah akuntansi di berbagai perusahaan. Sleekr sejauh ini baru mengungkap investasi tahap awal sebesar US$35.000 (sekitar Rp435 juta) pada tahun 2014, yang merupakan patungan dari uang pribadi ketiga co-founder.

OnlinePajak

OnlinePajak adalah layanan yang bisa memudahkan kamu untuk menghitung, membayar, dan melaporkan pajak. Startup ini didirikan oleh pengusaha asal Perancis, Charles Guinot, dan telah terhubung langsung dengan server e-Billing dan e-Filing di Direktorat Jenderal Pajak. Hingga saat ini, OnlinePajak telah mempunyai sekitar 200.000 pengguna aktif dan bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar seperti Telkomsel, Tokopedia, GO-JEK, Kawan Lama Group, PT Astra Otoparts Tbk, dan Huawei Tech Investment

Dompet Sehat

DompetSehat adalah sebuah aplikasi mobile yang bisa membantu kamu mencatat keuangan pribadi, seperti yang dihadirkan Jojonomic pada awal kemunculannya. Aplikasi ini juga bisa memberikan masukan tentang cara mengeluarkan uang yang lebih baik, setelah sebelumnya melakukan analisis kebiasaan belanja kamu. Aplikasi ini dibuat oleh Indiva Finansia Teknologi.

Nah sekarang sudah tau kan apa itu indsutri Financial Technology? Siapa tau setelah membaca artikel di atas kamu jadi tiba-tiba tertarik membuka bisnis dalam bidang fintech, karena urusan finansial merupakan masalah yang banyak dihadapi oleh berbagai kelas masyarakat.

Write A Comment