pinterdionline.com – Teknologi telah memungkinkan kamu untuk mengakses apa saja dari mana saja. Tidak luput pula kegiatan jual beli. Melalui teknologi, setiap orang diberi kemudahan mencari barang yang ingin dibeli dan memasarkan benda jualan mereka. Namun, apa jadinya bila penjualan dilakukan antarnegara dengan mata uang yang berbeda dan jarak yang jauh untuk mengirimkan pembayarannya?

Hadirnya berbagai platform keuangan berbasis online memberikan kamu kemudahan dalam bertransaksi. Sehingga hal-hal yang membatasi pembayaran lintas negara dan mata uang dapat teratasi dengan mudah dan tentu saja, murah. Kita mengenal aplikasi seperti Paypal, ApplePay, dan Billpoint yang digunakan untuk belanja lintasnegara.

Setelah sempat merajai dunia pembayaran online, Paypal kini harus lebih awas dengan kemunculan pemain baru di jasa pembayaran online. Salah satu yang sedang ramai diperbincangkan adalah Alipay. Serupa namun tak sama dengan Paypal, platform pembayaran online ini dikeluarkan di Cina pada tahun 2004 oleh Alibaba Group dan Jack Ma. Hingga kini, Alipay telah meraup lebih dari 50% pengguna atau sekitar 400 juta penduduk di negara tersebut mengalahkan berbagai pembayaran online lokal lainnya. Dengan angka pengguna lokal sebesar itu, Alipay telah menggeser posisi Paypal sebagai platform pembayaran online terbesar di dunia pada tahun 2014.

Apa yang menjadi keunggulan lebih dari Alipay? Tentu saja bagi sebagian masyarakat Cina, Alipay lebih mudah digunakan karena soal bahasa. Selain itu, Alipay tidak mengenakan biaya tambahan pada setiap transaksinya sehingga pengguna tidak ragu menggunakan Alipay untuk berbagai kebutuhan.

Di Cina, Alipay dapat digunakan untuk membayar hampir segalanya. Mulai dari pembelanjaan skala besar hingga persoalan membayar jasa transportasi atau mengirim dana sewa rumah. Induk perusahaan Alipay juga telah merancang sistem keamanan ganda yang menjamin keamanan transaksi para penggunanya. Alangkah menyenangkannya bukan.

Besarnya ekosistem yang dibentuk oleh Alibaba Group menjadi pemicu peningkatan pengguna Alipay di dunia. Dengan adanya mitra perusahaan dalam berbagai bidang di negara-negara Asia Tenggara dan Amerika Serikat, memungkinkan Alipay digunakan sebagai salah satu alat pembayaran. Jadi, tidak heran bila ke depannya Alipay merajai sistem pembayaran online dan pengiriman data dengan kemudahannya untuk diakses siapa saja dan dari mana saja.

Write A Comment