pinterdionline.com – Belanja kebutuhan sehari – hari menjadi sebuah tuntutan hidup yang tak bisa ditawar – tawar lagi. Sayangnya, anggaran keluarga sering terbatas karena penghasilan pun selalu ludes untuk membayar tagihan rutin.

Sosok ibu yang berperan sekaligus sebagai perencana keuangan keluarga yang harus memutar otak agar anggaran tetap stabil hingga masa 30 hari lewat. Nah, kenapa tak memakai uang elektronik? Ternyata, pakai uang elektronik bisa bikin belanja lebih hemat lho! Mau tahu caranya? Cek terus tips berikut ya…

Buat perencanaan keuangan dan daftar belanja

Sebelum memasuki lorong – lorong di gerai ritel, sebaiknya kamu sudah mengantongi daftar belanjaan yang prioritas untuk dibeli. Hal ini untuk menghindari pembelian barang – barang yang tidak perlu dan menyia – nyiakan uang belanja.

Jangan membeli di luar daftar belanja

Setelah mencatat semua kebutuhan belanja, usahakan untuk tetap disiplin dan membeli barang yang hanya ada di dalam daftar. Jangan membeli barang – barang yang tak perlu, dan mulai membiasakan diri untuk mengendalikan keinginan belanja.

Atur frekwensi belanja

Berbelanja sih boleh – boleh saja, meskipun sudah memilih jenis toko online yang menawarkan harga murah, tapi tak boleh terlalu sering juga. Biar pun murah, tapi kalau frekwensi belanja terlalu sering sama halnya dengan pemborosan.

Atur jadwal belanja setiap bulan tepat pada tanggal tertentu atau ketika uang gaji sudah dipos – poskan untuk membayar tagihan lain. Hal ini akan menghindarkan kamu dari pemborosan uang untuk belanja yang tidak perlu.

Pilih toko atau merchant bekerja sama dengan kartu e-Money

Kerja sama antara merchant atau toko ritel dengan bank penerbit kartu e-money akan menambah hemat uang belanja. Biasanya, supermarket ritel akan memberikan promo menarik berupa potongan harga yang bikin belanja makin miring.  

Membandingkan keuntungan kartu e-money penerbit lain

Jangan ragu untuk berburu diskon dan promo menarik yang ditawarkan oleh sejumlah bank atau pihak penerbit e-Money bagi pengguna uang elektronik tertentu. Biasanya, pada event khusus, toko gerai ritel atau merchant seperti cafe dan restoran menerapkan diskon khusus pada pengguna uang elektronik tertentu untuk menciptakan daya beli pengunjung. Nah, pilih kartu e-Money yang paling menguntungkan dan terbaik untukmu sebelum berbelanja.

***

Semoga strategi belanja memakai uang elektronik di atas bisa membantumu lebih hemat dalam bertransaksi ya. Selamat berbelanja.

Write A Comment